Penyebab badan menjadi gatal dan bentol-bentol setelah merokok

Pertanyaan: Halo dok. Saya adalah perokok aktif. Saya pernah merokok beberapa merk rokok, namun saat merokok Dja*um Bl*ck , badan saya menjadi gatal dan bentol-bentol. Apakah saya alergi? Dan kenapa itu terjadi hanya pada merk rokok tersebut?

Kategori Artikel: alergi_spesifik
Diunggah pada: 13 September 2020
Dijawab oleh:
dr. Amadeo Drian Basfiansa
Dokter

Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Alergi adalah respon berlebihan tubuh terhadap suatu alergen, yang mana untuk alergennya itu bisa berbagai macam. Bisa berasal dari makanan, minuman, obat, bulu hewan, bahan plastik, debu, udara dingin, bahkan air yang menyusun sebagian besar tubuh kita pun bisa menjadi penyebab munculnya alergi.

Sehingga bukan merupakan suatu hal yang aneh bila kemudian Anda alergi terhadap rokok, atau lebih tepatnya kandungan tertentu pada rokok. Terkait pada kasus Anda, Anda hanya alergi pada merk tertentu, bisa jadi ada kandungan khusus pada merk tertentu yang tidak dimasukkan pada merk lain. Kandungan itulah yang sebenarnya menjadi pemicu alergi Anda, bukan rokoknya secara keseluruhan.

Dan karena kami belum memeriksakan Anda secara langsung, tetap ada kemungkinan bahwa itu bukan alergi, melainkan penyakit lain seperti gigitan serangga, infeksi, atau gangguan lain yang kebetulan terjadi berdekatan waktunya dengan Anda menggunakan rokok dengan merk tersebut. Atau bisa juga alergi, tapi bukan pada rokok melainkan sesuatu yang Anda makan atau minum. Pada intinya memang harus diperiksakan terlebih dahulu sebelum bisa menyimpulkan dan memberi penanganan.

Sehingga saran kami, jika keluhannya sudah tidak ada, maka tidak ada yang perlu dicemaskan dan cukup hindari penggunaan rokok merk tersebut. Namun bila keluhannya masih menetap, periksakan ke dokter kulit untuk dicari tahu mengenai kecenderungannya melalui serangkaian penggalian riwayat, pemeriksaan fisik serta penunjang, dan ditangani menurut kebutuhan Anda. Sementara dirumah, kompres bentol dengan kompres dingin, jangan digaruk, pastikan kuku jari Anda tetap pendek, dan boleh taburkan bedak salisil atau losion kalamin. Sekian, semoga menjawab pertanyaan Anda.

Sumber Artikel: https://www.alodokter.com/komunitas/topic/alergi-rokok

Tidak ada komentar on Penyebab badan menjadi gatal dan bentol-bentol setelah merokok

Tinggalkan Komentar