Alergi Rumput

Bentol kecil dan gatal di bagian punggung kaki setelah bermain di rumput

Kategori Artikel: informasi_umum_alergi
Diunggah pada: 30 Desember 2023

Bentol dan gatal-gatal yang timbul pada kulit yang terpapar setelah bermain rumput dapat disebabkan oleh dermatitis kontak alergi. Pada orang normal yang tidak alergi, paparan serbuk dari rumput tidak menimbulkan reaksi apapun. Namun pada orang yang alergi terjadi respon berlebihan dan imun tubuh, yang akan muncul setiap kali terpapar zat tersebut (alergen).

Dermatitis kontak alergi ditandai dengan gejala berikut:

  • Kulit yang kontak dengan rumput akan menjadi merah, muncul bentol-bentol kecil / besar yang sangat gatal.
  • Bisa disertai keluhan alergi lain saat itu: mata gatal, hidung berair, bersin

Bila mengalami dermatitis kontak alergi akibat rumput ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Segera mencuci area yang terkena rumput dengan air dan sabun
  • Kompres dingin di area yang gatal
  • Penggunaan lotion / obat oles over the counter yang mengandung calamine dapat membantu meredakan gatal. Penggunaan obat oles lain sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.
  • Obat-obatan antihistamin dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa gatal. Sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kontraindikasi.
  • Jangan menggaruk-garuk daerah yang gatal tersebut karena dapat menimbulkan luka baru dan meningkatkan risiko infeksi.

Dermatitis kontak alergi umumnya akan membaik setelah paparan terhadap alergen sudah tidak ada. Jika gatal-gatal menetap >1 minggu tanpa pencetus alergi yang jelas, perlu dipikirkan penyebab yang lain. Sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut (dokter harus melihat gambaran kelainan kulit yang Anda maksud) secara langsung dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Sumber Artikel: https://www.alodokter.com/komunitas/topic/alergi9d7627#:~:text=Bilamengalamidermatitiskontakalergiakibatrumputada,counteryangmengandungcalaminedapatmembantumeredakangatal.

Tidak ada komentar on Alergi Rumput

Tinggalkan Komentar